Rechercher dans ce blog

Saturday, March 17, 2018

Soal Kelanjutan Naturalisasi Sandy Walsh, Ini Jawaban PSSI

Suara.com - Sekertaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria buka suara terkait kelanjutan proses naturalisasiSandy Walsh. Tisha mengatakan belum ada komunikasi lebih lanjut soal naturalisasi pemain yang kini memperkuat klub Belgia, Zulte Waregem itu.

Sempat beredar kabar Sandy Walsh ingin menjadi WNI usai dirinya sering memposting hal yang berbau Indonesia di akun Instagram-nya. PSSI sempat menyambut positif hal tersebut meski belum ada komunikasi lanjutan.

Pemain berpaspor Belanda keturunan Indonesia, Sandy Walsh. [Instagram@sandywalsh]

Tisha mengatakan pihaknya tidak pernah menghalang-halangi keinginan WNA untuk menjadi WNI. Namun, itu harus sesuai dengan prosedur yang ada dari pemerintah.

"Belum ada komunikasi lagi. Apabila dia ingin menjadi WNI itu harus benar-benar dahulu (mengikuti prosedur). PSSI ini punya kewajiban juga untuk melindungi (sepakbola) Indonesia, tidak bisa orang itu dengan mudah untuk menjadi WNI. Itu yang sudah dititipkan dari pemerintah kepada kami," kata Tisha saat dihubungi, Sabtu (17/3/2018).

"Kami akan jalankan itu, jadi ya apabila ingin jadi WNI, silakan. Tapi harus benar-benar ingin jadi WNI dulu baru setelah itu kita akan pertimbangkan sisi olahraganya," tambahnya.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria [Suara.com/Adie Prasetyo]

Beberapa waktu lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sempat mengeluarkan pernyataan bakal memperketat proses naturalisasi. PSSI pun sangat mendukung keinginan dari pihak pemerintah tersebut.

"Kami ikut saja apa kata pemerintah. Tapi satu hal yang harus digarisbawahi itu adalah dimana pemain tersebut harus menjadi WNI dahulu, baru dia bisa bermain sepakbola. Bukan terbalik," jelasnya.

"Seperti Ilija Spasojevic yang sebenarnya dia memang mau menjadi WNI dan kami tidak bisa melarang, karena itu merupakan hak dari setiap warga negara. Kemudian Spaso dipanggil ke Timnas Indonesia," pungkas Tisha.

Striker naturalisasi Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic, saat merayakan golnya ke gawang Guyana dalam laga persahabatan di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (25/11/2017). [Antara]

Naturalisasi bukanlah hal baru di Indonesia. Terakhir, Ezra Walian menjadi WNI melalui proses naturalisasi dengan pertimbangan untuk Timnas Indonesia.

Padahal, menjadi WNI harus melewati beberapa prosedur yang dilakukan. Seperti harus menetap di Indonesia minimal lima tahun.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Postingan Populer